Selasa, 08 Mei 2012

Pesona Alam Green Canyon Indonesia

Ini dia nih salah satu objek wisata milik Indonesia yang wajib dikunjungi bagi para penggemar atau penggila wisata alam, terletak sekitar 31 km dari Pangandaran, tepatnya di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Objek wisata yang punya nama asli Cukang Taneuh atau lebih dikenal sebagai Green Canyon nya Indonesia ini menawarkan pesona alam yang mengagumkan, kita akan dibawa menelusuri aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.
 

 Dokumentasi: Langit Pagi

Akses utama menikmati wisata ini adalah dengan menggunakan sampan atau perahu dari dermaga Ciseureh, jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3 km. Saya beserta teman seperjalanan dibawa menelusuri air sungai dengan warna hijau tosca yang alami, begitu terlihat jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai di mulut Green Canyon, di mana airnya sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan berenang atau ke kawasan yang lebih tinggi dengan merayap di tepi batuan-batuan besar. Disediakan ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang, alur aliran sungai ini cukup panjang, sehingga pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Meski harus menempuh cara seperti ini, perjalanan dijamin sepenuhnya aman. Bagi yang suka menantang adrenalin, ada sebuah spot dimana wisatawan dapat meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam.
 gambar: mutiarapawan.com
 gambar: mypangandaran.com

Perjalanan akan terus berada dalam cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. dekapan dinding-dinding senyap menyajikan keindahan tersendiri, yang paling unik dinding yang berbentuk menyerupai sebuah gua yang atapnya sudah runtuh. Selain itu di bagian atas beberapa kali pengunjung akan melewati stalaktit-stalaktit yang masih dialiri tetesan air tanah. Setelah beberapa ratus meter berenang, akan terlihat beberapa air terjun kecil di bagian kiri kanan yang begitu menawan. Jika diteruskan berenang maka pengunjung akan sampai pada ujung jalan, di mana terdapat gua yang dihuni oleh banyak kelelawar, tetapi keindahan beberapa air terjun kecil pun akan mengibas rasa takut dan lelah Anda menjadi rasa takjub.

Dengan pesona dan lukisan alam yang menawan tersebut, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi para penggemar wisata alam, dan tentunya akan lebih seru bila kita mengunjunginya bersama banyak teman. Itulah sedikit perjalanan kami, walupun kami rombongan seadanya yang penting kami tetap bisa mengukir senyum untuk mengenali sudut negeri ini,. hehehe..... :) 

Tips: Bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon, saat terbaik untuk bisa menikmatinya adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan, dikhawatirkan aliran sungai menjadi deras dan warna airnya pun akan menjadi coklat.
Share ke :

Artikel Yang Berhubungan



Ditulis Oleh : Langit Pagi

Angin, hujan, gunung, langit, embun, pagi dan senja, itulah jiwa - jiwa yang tak pernah padam. Sapa dan ramahlah, dan jadilah bagian dari keajaiban mereka. -- Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Pesona Alam Green Canyon Indonesia,,

:: Thank you for visiting,. Salam Lestari. ::

0 komentar:

Posting Komentar

Betapa megahnya setiap kata yang tertinggal dan terukir di Langit Pagi
~~Terima kasih~~

Monggo di Translate

Powered By Blogger